Rabu, 10 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 40 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 40 ~ Penjelasan


yīn
zéi
liáng
shàn





Penjelasan :
Terhadap insan bajik yang setia dan berbudi luhur, seharusnya menyayangi dan melindunginya, merekomendasikan serta memujinya, takkan mencari akal untuk mencelakainya secara diam-diam.


Analisa :
Mencelakai orang secara diam-diam contohnya adalah memanah orang tanpa diketahui pelakunya, merupakan hal yang paling sulit diwaspadai; lagi pula meskipun orang lain sudah saya celakai namun saya tak perlu menanggung nama buruk sebagai pelaku kejahatan, ini merupakan perbuatan jahat yang paling parah.

Terhadap orang awam saja tidak boleh mencelakainya apalagi terhadap insan bajik, lebih tidak boleh lagi. Oleh karena insan bajik dimana masyarakat menaruh harapan padanya. Insan bajik di dalam sebuah negara akan dijunjung oleh penduduk negara tersebut; bila insan bajik tersebut berada di dalam sebuah dusun maka akan dijunjung oleh penduduk di seluruh pelosok dusun tersebut, jadi mana boleh mencari akal untuk mencelakainya secara diam-diam?
       
  


集福消災之道
(四十)


陰賊良善。


【解釋】

對於忠厚善良的好人,應該要愛護他、推薦他、讚揚他,卻反而陰謀的加以賊害。

【分析】

陰賊就是陰謀賊害,例如暗箭傷人,最是難以防備;而且別人被我害了,而我卻不用背負害人的惡名,這是最糟糕的壞事。對一般人而言,尚且都不可以這樣的陰謀加以賊害;若是用來賊害善良的好人,則更是不可以啊!因為善良的好人,是民眾的希望所寄。善人在一個國家裡面,則會被這個國家的人民所重視;善人若是在一鄉之中,則會被全鄉的百姓所重視,所以怎麼能夠去陰謀賊害善人呢?

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)